Sering Dimakan Orang Indonesia, Ternyata Banyak Yang Belum Tahu Bagaimana Proses Mengolah “Makanan Ini!” Cara Bikinnya Bikin Pusing!

Makanan merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Selain makanan berat, terdapat pula makanan ringan atau cemilan yang bisa kita makan dikala bosan atau tidak terlalu lapar tapi ingin ngemil.

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis cemilan mulai dari Kuaci, Keripik Singkong, dan masih banyak cemilan lainnya. Tapi tahukah kalian bagaimana sih cara pembuatan makanan-makanan ringan ini?

Sponsored Ad

Nah kali ini mimin mau ngasih sebuah informasi tentang beberapa jenis makanan yang sering kalian makan, tapi pasti kalian belum tahu bagaimana cara bikinnya!

1. Kuaci

Sponsored Ad

Kuaci merupakan cemilan berukuran kecil, berwarna hitam kecoklatan dan memiliki rasa yang asin. Namun seiring perkembangan jaman, kuaci sudah memiliki berbagai jenis rasa.

Proses pembuatan biji bunga matahari ini terbilang cukup mudah lho.

Awalnya biji bunga matahari harus di buka terlebih dahulu, lalu kalian siapkan air kapur, garam dan berbagai rempah. Setelah itu rendam biji bunga matahari beberapa saat, lalu masukan biji bunga matahari ke dalam rempah-rempah yang sudah disiapkan dan rebus selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu angkat dan kuaci yang kalian buat sudah siap dihidangkan.

Sponsored Ad

2. Cincau

Siapa yang belum pernah mencicipi nikmatnya agar-agar yang satu ini? Selain nikmat disajikan dingin,, ternyata cingcau juga punya banyak manfaat untuk tubuh lho. Nah tapi tahukah kalian bagaimana sebuah daun cincau bisa diolah sehingga menjadi agar?

Sponsored Ad

Kalian cukup siapkan daun cincau dan masukan daun tersebut kedalam air. Lalu remas-remas daunnya hingga warna air berubah hijau dan lebih kental.

Setelah itu kalian masukan ke dalam wadah lain sambil disaring agar tidak ada ampas pada cincau yang kalian buat. Tunggu beberapa saat, lalu cincau akan berubah menjadi agar-agar yang siap disantap!

Sponsored Ad

3. Kolang-kaling

Nah untuk makanan yang satu ini ternyata pembuatannya emg agak rumit lho. Kulang-kaling berasal dari buah bernama buah aren. Pertama-tama pisahkan buah aren dengan tangkainya, lalu rebus buah aren dengan waktu yang cukup lama agar mudah dikupas. Setelah dikupas, nanti akan terlihat isi dari buah aren setengah matang itu dan tinggal dicabutin deh. Setelah itu biji aren tersebut tinggal di pukul-pukul ringan agar agak pipih. Dan siap dimakan!


Sumber : youtube 

Kamu Mungkin Suka