Jangan Beli Pisang yang "Seperti Ini" Lagi! Kesehatanmu Bisa Bahaya, Bahkan "Terancam Kanker"!

Pisang adalah salah buah yang paling mudah dijumpai di Indonesia dan bisa juga dibilang sebagai salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Selain rasanya manis, pisang juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan dan bisa dimasak untuk dijadikan berbagai jenis makanan, dari makanan pembuka sampai makanan penutup. Tapi, apakah kalian tahu, bahawa tidak semua jenis pisang itu baik untuk tubuh loh! Jika pisang tersebut kualitasnya sudah buruk, bukannya bikin tubuh sehat, malah bisa mengancam kesehatan tubuh, bahkan terkena kanker!

Sponsored Ad

Sebelum membahas pisang yang berbahaya, mari kita mengenal dulu beberapa efek pisang pada kesehatan manusia:

1.Gula yang terkandung pada pisang dapat diubah dengan cepat menjadi glukosa bila masuk ke dalam tubuh. Glukosa sangat cepat diserap tubuh dan menjadi sumber energi yang paling cepat untuk tubuh manusia. Ini nih alasan mengapa atlet suka makan pisang sebelum bertanding

Sponsored Ad

2. Pisang dapat menyeimbangkan asam lambung dan melindungi membran mukosa

3. Kalium yang terkandung dalam pisang dapat menurunkan tekanan darah, mencegah darah tinggi dan segala macam penyakit yang berhubungan dengan darah dan jantung. Konsumsi dua batang pisang setiap hari, maka dapat menurunkan tekanan darah sampai 10%

Sponsored Ad

4. Pisang mengandung pektin yang dapat membantu pencernaan dan memperlancar kerja usus

5. Pisang sangat ampuh dan berguna bagi orang yang suka insomnia dan mengalami gejala panik. Kandungan asam amino dalam pisang dapat memberi efek tenang dan merilekskan saraf. Bagi orang yang suka susah tidur, makan deh pisang sebelum tidur dan rasakan khasiat ajaibnya!

Sponsored Ad

Itu dia fungsi- fungsi pisang untuk kesehatan tubuh kita

Sponsored Ad

Nah, sekarang apa sih ciri- ciri pisang yang buruk? Bagaimana cara kita memilih pisang yang baik? Yuk, simak baik- baik di bawah ini, jangan sampai salah beli!

1. Apa itu pisang yang buruk?

Penjual- penjual yang tidak bertanggung jawab terkadang dapat sengaja menyemprotkan belerang dioksida, formaldehida dan zat kimia lainnya untuk mematangkan pisang dengan instan. Tapi dari segi rasa dan kandungan nutrisi, pisang hasil semprotan zat kimia ini tentunya sangat berbeda, rasanya pasti tidak seenak dan sesegar pisang yang matang dengan murni. Belerang dioksida dikenal sebagai salah satu zat kimia yang berbahaya bagi tubuh, bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, bisa-bisa hati dan ginjalmu rusak! Formaldehida juga dapat memicu berkembangnya sel kanker dan alergi

Sponsored Ad

2. Bagaimana cara memilih pisang yang tepat? 

Pisang berkualitas tinggi akan memiliki warna kulit kuning segar atau kuning kehijauan, lalu tidak mengelupas. Bentuk pisangnya harus melengkung, daging buah padat dan gemuk, warnanya segar dan terang, permukaan buah mulus, licin, tidak ada bekas serangga, lubang bakteri, dan lubang cacat lainnya. Daging buah juga mudah dibelah dan tidak terlalu lunak

Sponsored Ad

Biasanya orang- orang pasti memilih buah pisang dari melihat warnanya. Jadi warna pisang seperti apa sih yang paling memiliki kualitas tinggi?


Sponsored Ad

Gambar di atas ini adalah gambar sekelompok warna isang yang sering ditemui. Mari kita bedakan mana pisang kimia dan mana pisang alami. Cara paling mudah, kamu harus melakukan ketiga langkah ini:

1.Lihat, pisang yang matang alami pasti akan memiliki bintik hitam pada kulitnya, sedangkan pisang kimia biasanya akan mulus licin tak berbintik.

Sponsored Ad

2.Cium, pisang yang matang alami memiliki aroma yang lembut dan segar, berbeda dengan pisang kimia yang memiliki aroma tajam dan tidak enak diendus.

3.Makan, pisang yang matang alami pasti rasanya manis, sedangkan pisang kimia rasanya akan sedikit aneh dan daging buah cenderung  lebih keras dari biasanya.

Nah, sekarang udah tahu kan bagaimana memilih pisang dengan benar? Yuk, segera bagikan informasi penting ini kepada teman- teman dan kerabatmu! Jangan sampai dirugikan dan ditipu oleh penjual buah nakal!

Sumber: cerpen.co.id

Kamu Mungkin Suka