​Gara-gara "Sembelit" Masuk Rumah Sakit? Jangan Anggap Remeh Sembelit! "Buah Ini" Bisa Jadi Penyelamatmu!

Baru-baru ini, ada sebuah berita menggemparkan di Inggris. Ada seorang remaja berusia 17 tahun meninggal dunia akibat sembelit. Hah? Masa sembelit bisa bikin orang meninggal?

Ya, bagi kebanyakan orang, sembelit bukanlah sesuatu yang asing. Hampir setiap orang pasti pernah mengalami sembelit setidaknya sekali semasa hidupnya. Jarang sekali kita dengar ada orang yang sampai meninggal gara-gara sembelit, namun berita ini membuktikan bahwa sembelit bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh.

Sponsored Ad

Sembelit dapat menyebabkan racun-racun tertinggal di dalam tubuh dan menjadi sumber penyakit. Ciri-ciri sembelit adalah perut kembung, sakit perut, sulit BAB, dan lain sebagainya. Singkatnya, sembelit sangat tidak baik untuk kesehatan dan apabila itu terjadi haruslah diatasi sesegera mungkin.

Sponsored Ad

Ada banyak cara untuk mengatasi sembelit, salah satunya adalah mengubah pola makan, memperbanyak makanan yang mengandung serat dan mengurangi makanan yang pedas. Namun, di sini mimin ingin perkenalkan satu makanan yang dapat mengatasi sembelit dengan cepat, yaitu buah pisang! Mungkin belum banyak yang sadar, berikut ini beberapa manfaat pisang yang harus kita ketahui:

Sponsored Ad

1.Meredakan sembelit

Efek pisang terhadap sembelit sudah tidak diragukan lagi. Mimin kalau makan 2-3 pisang langsung ke toilet! Pisang sangat kaya akan serat yang dapat membantu pencernaan juga menjaga kesehatan sistem pencernaan. Yang harus diingat adalah makan pisang yang matang, jangan yang belum matang karena malah akan memperparah sembelit.

Sponsored Ad

2.Menurunkan tekanan darah

Pisang kaya akan potasium dan dapat menggantikan natrium (senyawa yang membuat tekanan darah naik) di dalam tubuh sehingga tekanan darah akan turun menjadi normal.

Sponsored Ad

3.Menjaga kesehatan pembuluh darah

Selain menurunkan tekanan darah, pisang juga membantu menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga terhindar dari tekanan darah tinggi dan serangan jantung.

4.Menahan lapar dan menjadi camilan alternatif

Pisang rasanya manis dan mengenyangkan, bisa mengisi energi dan menghilangkan hasrat untuk ngemil yang tidak sehat.

Sponsored Ad

5.Menguatkan otot

Pisang mengandung antioksidan dan nutrisi lain yang membantu otot menjadi lebih kuat. Makan pisang setelah olahraga paling bagus!

Sponsored Ad

6.Meningkatkan suasana hati

Pisang kaya akan magnesium. Jika tubuh kekurangan magnesium, otomatis akan mudah merasa cemas, depresi, marah-marah atau gelisah. Makan satu buah pisang (27 mg) akan membantu meningkatkan mood atau suasana hati.

Catatan: Walaupun pisang punya segudang manfaat, namun pisang juga mengandung gula. Untuk penderita diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi buah pisang secara berlebihan.

Semoga info ini bermanfaat! Jangan lupa like dan share ke temen-temen kamu ya!

Sumber: coco

Kamu Mungkin Suka