Gak Perlu Beli Mahal-mahal, Kamu Bisa Bikin Sendiri “Air Mawar” dengan Cara Mudah Kaya Gini, Murah Meriah!

Ciwi-ciwi yang ngikutin banget tren skin care, pasti udah tahu banget sama salah satu produk kecantikan sejuta fungsi ini: air mawar alias rose water. Yup, biasanya rose water ini digunakan sebagai toner ataupun campuran masker. Nah, ternyata kamu bisa lho bikin air mawar ini sendiri di rumah, hanya bermodalkan panci, mawar, dan air. Penasaran kan? Kalau kamu punya bunga mawar di pekarangan, cus cari tahu cara bikinnya di bawah ini!

Sponsored Ad

   

Bahan-bahan:

2 buah mangkuk porselen

1 botol air mineral

150gr kelopak mawar

Es batu


Cara Membuat:

Sebetulnya, membuat air mawar bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun, kali ini, kita akan membuat air mawar dengan menggunakan kelopak bunga mawar segar sebagai bahan dasar. Yuk, langsung simak caranya:

Pilih Bunga Mawar yang Segar, Kemudian Cuci Bersih

Sponsored Ad

Semakin segar mawar yang kamu pilih, kualitas air mawar yang kamu dapatkan pun akan semakin bagus. Jadi, usahakan untuk memilih bunga mawar yang bebas dari bahan pestisida, ya. Selain itu, supaya aroma air mawar yang dihasilkan nanti lebih segar kamu juga disarankan menggunakan kelopak bunga dari jenis mawar yang sama. Setelah menentukan mana bunga mawar yang akan kamu gunakan kelopaknya, cuci bersih bunga itu hingga bebas dari kotoran dan serangga.

Cabuti Kelopak Bunga Mawar
Untuk membuat air mawar sendiri, kamu membutuhkan sekitar 150 gram kelopak bunga. Biasanya, jumlah ini bisa kamu dapatkan dari dua batang bunga mawar.



Sponsored Ad

Masukkan Kelopak Bunga Mawar ke Panci dan Tuangkan Air
Pertama, letakkan mangkuk yang telah dibalik ke tengah panci dan isi panci dengan air hingga batas mangkuk.

Masukkan seluruh kelopak mawar yang telah kamu petik ke dalam panci. Lalu, tuangkan air kembali.

Panaskan di Atas Kompor dengan Api Kecil
Letakkan kembali mangkluk ke dua di atas mangkuk pertama. Balik posisi tutup panci hingga bagian atas menghadap ke bawah. Tutup panci dengan rapat. Letakkan di atas kompor dan panaskan dengan api kecil selama 20 menit. Letakkan es batu di atas tutup panci. Hindari menyalakan api terlalu besar, sebab khasiat air mawar bisa berkurang bila dipanaskan pada suhu terlalu tinggi.

Sponsored Ad



Saring dan masukkan air mawar ke toples khusus
Setelah 20 menit, matikan kompor, saring air mawar, dan masukkan ke botol bersih. Tunggu hingga suhu air mendingin sebelum menutup botol. Sampai di sini, air mawar sudah siap digunakan.

Gimana, praktis kan cara membuatnya? Kalau mau, kamu juga boleh menyimpan air mawar ini di dalam lemari es supaya lebih segar saat digunakan. Air mawar buatanmu bisa kamu simpan hingga enam bulan, lho.


Sumber: Youtube

Kamu Mungkin Suka