​Ia Suka Sekali Makan "Tahu Fermentasi"! Begitu Tahu "Khasiat Ajaibnya", Semua Orang Langsung Ikutan!

Apakah kamu pernah makan tahu yang telah difermentasikan? Tahu fermentasi adalah makanan tradisional yang berasal dari Tiongkok, tapi kini sudah dikenal di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia pun ada yang menjualnya.

Sponsored Ad

Walaupun rasanya cukup enak, namun banyak orang yang khawatir akan produk yang telah difermentasi, takutnya tahunya berasal dari tahu yang sudah busuk, bila dimakan tidak sehat, dapat menyebabkan kanker dan segala macam. Ada juga yang takut mengandung bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

Sponsored Ad

Nah, jadi di sini mari kita bahas, sebenarnya tahu fermentasi itu baik atau buruk untuk dimakan?

Sebenarnya banyak orang yang selama ini keliru. Tahu fermentasi mempunyai julukan "keju China" yang sebenarnya baik untuk kesehatan. Tahu ini telah melalui proses fermentasi dan kemudian direndam dalam berbagai macam bumbu. Tahu yang digunakan dalam proses produksi tidak memiliki sedikitpun kerusakan pada kualitas maupun kandungannya, malah setelah melalui proses fermentasi rasanya jadi lebih enak dan wangi.

Sponsored Ad

Tahu fermentasi mengandung bakteri yang baik bagi tubuh dan tentunya tidak akan membahayakan kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat tahu fermentasi:

Sponsored Ad

1.Menurunkan kolesterol

Setelah melalui proses fermentasi, kandungan isoflavon dalam tahu jadi lebih mudah diserap oleh tubuh dibanding tahu biasa dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

2.Mengandung protein tinggi

Setiap 100 gram tahu fermentasi terkandung 10-12 gram protein.

Sponsored Ad

3.Mencegah penyakit Alzheimer

Selama proses fermentasi, tahu akan menghasilkan vitamin B dan asam amino yang apabila dikonsumsi secara teratur dapat mencegah anemia dan juga pikun.

Sponsored Ad

4.Menurunkan lemak dalam darah

Tahu yang telah difermentasi biasanya akan diselimuti dengan lapisan berwarna merah yang disebut juga dengan angkak. Kandungan ini diakui sangat efektif menurunkan kolesterol jahat dan kadar lemak dalam darah. Kandungan isoflavon dalam tahu juga dapat mencegah leukemia dan menghambat pertumbuhan tumor secara efektif.

Sponsored Ad

5.Menurunkan tekanan darah

Sudah banyak suplemen penurun tekanan darah yang berbahan dasar protein tahu. Tentunya tahu yang dimakan langsung mengandung lebih banyak senyawa penurun tekanan darah yang aktif.

6.Mencegah osteoporosis

Survei membuktikan bahwa orang yang makan tahu fermentasi secara teratur memiliki resiko osteoporosis yang jauh lebih rendah, terutama di kalangan orang tua dan wanita.

Sponsored Ad


Perlu diingat:

1.Tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan

Sponsored Ad

Biasanya 10 gram tahu fermentasi mengandung 1 gram garam, sedangkan batas asupan garam per hari adalah sekitar 6 gram, jadi tidak baik apabila dikonsumsi secara berlebihan.

2.Harus disimpan dengan benar

Tahu yang difermentasikan biasanya tidak mengandung natrium nitrat (bahan pengawet) seperti yang terdapat dalam daging olahan dan hasil laut, sehingga tahu yang telah dibuka sebaiknya disimpan dalam kulkas atau mengikuti prosedur penyimpanan untuk menghindari kerusakan.

3.Tidak dapat menyebabkan kanker

Bakteri fermentasi yang terdapat dalam tahu hanya bertugas menguraikan zat dalam tahu, tidak akan menghasilkan racun apalagi zat penyebab kanker.

Nah, jadi sudah tahu kan manfaat tahu fermentasi? Apabila dikonsumsi dalam batas normal, tahu itu sebenarnya baik dan punya manfaat bagi kesehatan kita! Jadi, jangan salah lagi yah!

Yuk BAGIKAN info ini ke teman-temanmu!

Sumber: ezvivi2

Kamu Mungkin Suka