Wajib Tahu! Jika Ingin "Awet Muda" dan Panjang Umur, Perbanyak Konsumsi "8 Makanan Ini"!

Siapa sih yang gak mau awet muda dan panjang umur? Ya, panjang umur, sehat dan tetap terlihat muda mungkin adalah impian setiap orang di dunia

Ada banyak hal yang bisa dilakukan agar awet muda, sehat dan panjang umur, yaitu bisa dengan berolahraga, mengkonsumsi produk perawatan kulit atau mengatur makan

Sponsored Ad

Apa saja makanan yang sebaiknya dihindari jika ingin awet muda?

1. Jahe

Dalam perspektif pengobatan Tiongkok, diyakini bahwa makan terlalu banyak makanan yang bersifat panas, maka dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan tidak kondusif memperbaiki mekanisme tubuh dalam tidur. Oleh karena itu, tidak disarankan memakan jahe di malam hari

Sponsored Ad

2. Permen

Semua orang tahu bahwa kandungan gula dalam permen sangat tinggi, dimana dapat mengganggu produktivitas kolagen dan elastin. Padahal, kedua zat tersebut adalah sumber protein yang menjaga kulit agar tampak segar dan awet muda

Sponsored Ad

3. Durian

Durian bersifat panas dan sangat mudah membuat tubuh menjadi bersifat panas juga, sehingga akhirnya menyebabkan perut tidak dapat menyerap sepenuhnya, apalagi jika mengkonsumsinya pada malam hari, dapat mempengaruhi kualitas tidur. Dibandingkan buah yang lain, durian memiliki jumlah kalori dan lemak yang lebih tinggi. Karena itu, jika ingin tetap langsing atau penderita diabetes, sebaiknya tidak makan durian secara berlebihan

Sponsored Ad

4. Makanan yang berminyak

Dalam semua makanan, makanan berminyak memiliki kalori yang paling tinggi, yang dapat menyebabkan penuaan dini. Selain itu, makanan berminyak juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit

Sponsored Ad

5. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol sebelum tidur dapat menyebabkan psikosis beralkohol, neuritis dan penyakit hati. Seorang pakar dermatologi mengatakan bahwa ketika hati berfungsi dengan baik, maka racun yang berpotensi mempengaruhi kulit dapat dikeluarkan secara alami melalui tubuh. Namun, jika racun sudah terbentuk di hati, maka tidak dapat diurai dan dapat mempengaruhi kulit, seperti timbulnya jerawat, kulit menjadi pucat, dan berkerut

Sponsored Ad

Lalu, apa saja makanan yang disarankan agar tetap awet muda?

1. Tomat

Manfaat makan tomat saat makan malam sangatlah banyak, termasuk dapat menghambat peningkatan sel-sel lemak dan dapat membantu melangsingkan tubuh. Disarankan agar buah tomat dimakan mentah atau dibuat menjadi salad, untuk menghindari hilangnya nutrisi yang terkandung di dalamnya. Tomat memiliki kalori yang rendah, setiap 100 gram tomat hanya mengandung 19 kalori. Kandungan likopen pada tomat memiliki sifat antioksidan yang kuat, sehingga dapat menunda penuaan kulit

Sponsored Ad

2. Lengkeng

Lengkeng juga dipercaya dapat memberikan efek anti penuaan, karena dapat menghambat pertumbuhan sel tumor, meningkatkan kekebalan dan resistensi tubuh, mengurangi nafsu makan dan mengatasi kelelahan anggota tubuh. Jika sulit tidur, maka dapat mengkonsumsi beberapa lengkeng untuk menenangkan saraf dan membuat tidur menjadi lebih baik

Sponsored Ad

3. Yoghurt

Yoghurt adalah makanan rendah kalori, namun nutrisi di dalamnya dapat diserap dengan cepat oleh tubuh dan tidak akan menumpuk di dalam tubuh. Selain itu, yoghurt juga dapat membantu pencernaan dan mencegah obesitas

Sponsored Ad

Bagaimana jika ingin sehat dan panjang umur?

Disarankan untuk perbanyak konsumsi 5 makanan di bawah ini:

1. Jagung

Jagung mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang tinggi, yang membuat seseorang tidak mudah mengalami tekanan darah tinggi dan arteriosklerosis. Selain itu, jagung juga mengandung faktor anti kanker

2. Bubur oatmeal

Dari kebiasaan makan, orang yang berumur panjang suka memakan bubur. Setiap pagi, campurkan 50 gram oatmeal dengan 250 gram air mendidih, aduk-aduk selama 2 menit, maka bubur oatmeal pun siap dikonsumsi

3. Ubi jalar

Berdasarkan penelitian medis, ada 5 kegunaan utama ubi jalar: 1. Sebagai suplemen darah dan nutrisi; 2. Membantu pergerakan usus; 3. Meningkatkan kekebalan tubuh; 4. Mengandung zat anti kanker, sehingga dapat mencegah dan melawan kanker; 5. Memperlambat penuaan dan mencegah arteriosklerosis

Selain itu, karena ubi jalar mengandung banyak kalsium dan magnesium, maka dapat mencegah osteoporosis

4. Walnut (kenari)

Makan kacang kenari lebih dari tiga kali dalam seminggu dapat memperpanjang usia 2-3 tahun. Kenari ini sendiri dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung

5. Millet

Orang yang berusia lanjut sering menggunakan millet untuk menyehatkan tubuh dan memperkuat tulang. Bahkan seorang dokter terkenal dari Dinasti Qing berkata: “Millet adalah makanan yang paling menyehatkan. Rebusannya bahkan lebih berkhasiat daripada sup ginseng”

Semoga artikel ini bermanfaat ya! Yuk like dan share artikel ini ke teman-teman dan kerabatmu!

Sumber: ray88

Kamu Mungkin Suka